Usaha Kecil

Usaha kecil adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan organisasi dan/atau beberapa orang dan beberapa organisasi yang berhubungan dengan penjualan suatu produk baik barang dan/atau jasa dalam skala mikro. Misalnya : warung makan, kedai kopi, kerajinan souvenir, persewaan komputer, kedai bakso dan lain-lain. Usaha kecil merupakan tulang punggung ekonomi rakyat, dimana usaha kecil dapat menjadi sumber penghasilan dalam sebuah keluarga ataupun organisasi kecil seperti PKK, Dharma Wanita, Kelompok Tani dan sebagainya. Dengan adanya kegiatan usaha mikro diharapkan mampu mendongkrak kualitas taraf hidup atau sosial dalam suatu masyarakat.

Pada masa sekarang usaha kecil telah menjamur hingga ke pelosok penjuru tanah air. Yang sepertinya mereka berlomba-lomba untuk merebut pasar. Dengan maraknya usaha kecil di berbagai wilayah, baik perkotaan ataupun pedesaan, akan dapat menciptakan suatu persaingan yang ketat diantara usaha kecil. Mereka saling bersaing untuk merebut hati konsumen dengan harapan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Dan dapat dilihat bahwa dengan adanya persaingan yang sangat ketat banyak sekali diantara usaha kecil tersebut yang gulung tikar.

Apakah penyebab usaha kecil tidak dapat meneruskan kegiatan usahanya dalam persaingan yang sangat ketat tersebut?. Banyak sekali penyebab tumbangnya usaha kecil dalam suatu persaingan pasar yang ketat.
Ada dua faktor umum penyebab mengapa suatu usaha tidak dapat bertahan dalam suatu pasar, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern umumnya adalah kesalahan manajemen dalam usaha itu sendiri, misalnya : kurangnya inovasi dalam pengembangan suatu produk yang mereka jual karena kurangnya modal yang mereka miliki atau minimnya penguasaan teknik manajemen yang ada. Sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang terjadi diluar kendali perusahaan, misalnya : kebijakan pemerintah yang mengakibatkan krisis ekonomi yang berkepanjangan. Dimana krisis ekonomi dapat menyebabkan turunnya daya beli masyarakat. Kesalahan dalam manajemen adalah suatu faktor yang amat krusial. Pada umumnya, tumbangnya suatu usaha disebabkan oleh penguasaan teknik manajemen yang kurang baik. Oleh karena itu, dalam suatu usaha sangat diperlukan suatu penguasaan teknik manajemen yang baik. Baik usaha dalam skala besar maupun kecil, sangatlah perlu diperhatikan mengenai pentingnya pengelolaan (manajemen) yang benar.

Kita tidak dapat mengabaikan pentingnya pengelolaan dalam suatu usaha kecil. Mengapa?. Ya!, bagaimana kita dapat mengabaikannya, sedangkan usaha kecil dibentuk dengan modal yang kecil. Dengan modal kecil, usaha kecil dihadapkan pada kondisi yang sangat rawan tidak dapat diteruskan apabila ada salah satu dari dua faktor penyebab kegagalan usaha yang telah diuraikan diatas terjadi.

Oleh : Herman Sahari

Comments :

20 komentar to “ ”

Lina Marliana mengatakan...
on 

bikin usaha sendiri tuh, meski kecil2an sangat dibutuhkan keberanian untuk gagal mas, orang yg berani menghadapi kegagalan dan berhasil melewatinya justru dialah orang yang sukses.
Aku pribadi, belum sepenuhnya berani untuk gagal, so sejauh ini blm berani buka usaha sendiri, sampe skrg masih juga kerja jadi budak perusahaan...hehehe

Herman mengatakan...
on 

@Lina Marliana : menjadi pengusaha ataupun pekerja sebutulnya sama saja Mbak Lina. Selama kita bisa mendedikasikan diri kita utk kehidupan yang kita jalani, maka itulah yang terbaik bagi diri kita dan orang lain..salam sukses..

heru mengatakan...
on 

selalu berusaha dan jangan pantang menyerah sebelum berhasil, asalkan selalu disiplin dan optimis mudah2an berhasil

Herman mengatakan...
on 

@Heru : betul skali Mas Heru

the diajeng sweet mengatakan...
on 

wah pada maen betul2 an nich....bgmn mau maju om..? nich di purwokerto and seputarny yang rame bukany pada makn di kedai bakso atau tmpt2 usaha kecil..tapi justru kantor2 sperti adira,fif,baf,oto,dll dwt nya pd bwt byar angsuran motor,,kbnyakn para pekerja lbh menekan biaya kbthn primer justru demi sebuah kendaraan dg umr 500-600rb/bln ironis nya rata2 mereka berani kredit motor dan masuk pd sebuah perjanjian terikat maka tak mungkin mengelak dari sebuah lising yg nota bene berbadan hukum,,dg angsuran 300rb an otomatis mereka lbh menekan biaya hdp yg lain..tp ada bnry jg om lo di htng rata2 pengluaran dg brgkt kerja naek angktn umum..,.makanya puspa merantau .he.he.he sebuah alibi ..di purwokerto cari kerja susah..

herman mengatakan...
on 

@Puspa : kalo barang yg dibeli dg maksud utk memenuhi kebutuhan kita dan ternyata dapat menekan pengeluaran kita, sebaiknya harus kita miliki. Dg memiliki motor, tdk menutup kemungkinan akan menekan banyak biaya pengeluaran kita, spt biaya bahan bakar dibanding dg bepergian menggunakan angkot yg Puspa contohkan. Terimakasih Puspa

the diajeng sweet mengatakan...
on 

tapi kan kita tidak tau apa kah pendapatan kita akan stabil sprti pd saat kita berani ngambil motor om..?..lha wong rata 2 kan skrng karyawan itu kontrak setiap waktu siap2 di keluarkan..

apa g terlalu memaksakan

herman mengatakan...
on 

@Puspa : bila perush mengeluarkan karyawan tentunya disertai dg berbagai pertimbangan yg matang..jadi perush tdk akan mengeluarkan begitu saja Puspa yg rajin bekerja, bila masa kontrak kerja berakhir tentu Puspa yakin akan diterima kembali setelah mengajukan masa kontrak kerja lagi. Dedikasikan saja kemampuan dan kembangkan keahlian/ketrampilan dlm bidang kerja Puspa. Setiap org memiliki kemampuan, maka jg sampai kita tdk menghargai kemampuan kita dlm mendedikasikan diri kita di perush org lain maupun di perush kita. Keyakinan yg kuat bhw kita mampu akan sedikit banyak membawa kita pada kelancaran dlm mengatasi berbagai hal..

Christoni mengatakan...
on 

Cuma mau tanya mas, kalau buka usaha rumah makan itu pakai izin sana-sini gak c ?? Terus makanan yang kita buat mesti dicek di lembaga kesehatan dulu gak c ? apa seribet itukahh ??

Kebahagiaan mengatakan...
on 

yogie ijin nyimak ya om...
hehee...
;)

javabis99 | Bisnis Online n Hobby Blog mengatakan...
on 

ya sy trtarik ttg dunia usaha kecil.maju terus usaha kecil indonesia. dtunggu komentnya yah. thanks

herman mengatakan...
on 

@Christoni : pd dasarnya semua usaha baik besar maupun kecil ada ijinnya, cuma utk usaha kecil (mikro) pd prakteknya perijinannya tdk semua dilaksanakan atau banyak yg tdk berijin. Ada produk tertentu yg harus diijinkan pada instansi terkait, baik dlm skala besar maupun kecil (mikro) spt : harus memiliki SIUPP (Surat Ijin Usaha Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), TDI (Tanda Daftar Industri) dr dep. perdagangan, surat rekomendasi dari dinas kesehatan, surat rekomendasi dari dinas ketenagakerjaan, ijin mendirikan bangunan utk usaha (IMB utk usaha) dr dinas perijinan, NPWP (No. pokok wajib pajak) dr dinas perpajakan, NPPBKC (no. pokok pengusaha barang kena cukai) dr dinas bea dan cukai.
Surat2 ijin tsb utk perush yg memproduksi diantaranya rokok dan minuman keras, dan harus diijinkan baik usaha besar maupun kecil.
Surat ijin sgt perlu bg perush besar maupun kecil, hal ini utk mengukuhkan keberadaan/legalitas usaha.
Utk saat skrg ijin rupanya dipermudah, maka lebih baik dijinkan sj usaha kita.
Utk usaha rumah makan, ijin pertama kali pd dinas kesehatan saja. nanti akan diberi penyuluhan bgmn mengelola usaha tsb, bgmn membuat produk (makanan) yg baik dan aman bg kesehatan, kebersihan lingkungan dll. Nantinya akan diberikan sertifikat penyuluhan oleh depkes.

herman mengatakan...
on 

@Yogie: terimakasih Yogie, salam sukses

herman mengatakan...
on 

@Javabis99: terimakasih kawan, usaha kecil memang indah..sgt kuat terhadap hantaman krisis. Mestinya harus mendptkan perhatian yg serius dr pemerintah yaa?..

Christoni mengatakan...
on 

Trims ya jawabannya, cukup memuaskan. Karena saya yang notabene masih sangat muda dan belum tahu apa2 di dunia usaha ini, rencana mau bikin usaha. Yah dengan modal seadanya yang saya dapat dari ortu mau saya buat usaha rumah makan sederhana atau toko kue. Yah itung2 belajar sedikit2 berbisnis... Kalau berhasil kan mudah2an bisa berkembang.

sukses selalu ya..!!

herman mengatakan...
on 

@Christoni: terimakasih juga kawan, smoga rencana bisnisnya berjalan dg lancar, kita berdoa bersama-sama..salam sukses selalu..

desti mengatakan...
on 

nice blog..
keep blogging ya pal!
ku tunggu di blogku...
komentar balik ya...
thx

the diajeng sweet mengatakan...
on 

puspa sbnrny png bgt berwiraswata..tp bnyk bgt perimbangan om..
lo namny modal c bs di persiapkn dg menbung..tp puspa g pny keahlian khsus..lo sekedr coba2 nekat jd ny g prof..sbrp lama c orang bs beerkmbang dg usahs yg di rintis dr awal..
faktor2 apkh yg mempengaruhi..berjaln tdk ny swtu usaha

Herman Sahari mengatakan...
on 

@Desti : terimakasih banyak Desti, tunggu mampirku yaa?..

@Puspa : lambat atau cepat berkembangnya suatu usaha tergantung bgm cara mengelola. Modal adalah bukan faktor yg paling utama sebagai syarat dpt berkembangnya suatu usaha. Ada beberapa faktor penting selain modal, bahkan paling menentukan di dlm berkembangnya suatu usaha. Urutan yg benar sebagai syarat mutlak dlm berusaha adalah :
Pertama pembentukan pribadi yg tangguh, pantang menyerah, konsisten, jujur, bertanggung jawab. Tanpa syarat ini, meskipun seseorang memiliki modal, maka berjalannya usaha tdk akan dpt berlangsung secara terus menerus, bahkan modal bisa terkikis sedikit demi sedikit sampai habis.
Kedua : penguasaan ilmu manajemen yg baik dan benar. banyak sekali orang yg memiliki usaha tanpa didasari dg penguasaan ilmu/teknik manajemen yg benar, sehingga jalannya usaha tdk dpt efisien dan kurang terarah. Hal ini dpt mengakibatkan berjalannya usaha tidak dpt stabil dan sulit berkembang menjadi besar.
Ketiga : memiliki modal, baik usaha besar maupun kecil membutuhkan modal. Baik makelar ataupun pembuat produk tetap membutuhkan modal, terutama utk biaya operasional dlm bekerja.

Ketiga faktor itulah syarat mutlak dlm menjalankan usaha, bila tdk ingin suatu usaha berjalan terseok-seok/tersendat-sendat dan kemudian gulung tikar. Dan ketiga-tiganya tdk dpt dibolak-balik.
Jadi kesimpulannya : kita harus membentuk pribadi yg sperti tsb diatas, kemudian disertai dg belajar manajemen yg baik dan terakhir mencari modal utk persiapan membuka usaha.

mixedunicc mengatakan...
on 

bro jika mau promosi atau tuker link di sini juga gratisssssssss ampe abissssssss

mixed.uni.cc >> free blog directory , Blog Directory , free submit web blog , Blog Submit , Blog Links , free submit article , blog article , Blog Marketing , blog search , blog referace , blog walk


http://mixed.uni.cc/nowgoogle-com-adalah-multiple-search-engine-popular/nowgoogle-com-adalah-multiple-search-engine-popular/

Posting Komentar

Advertisement

shining watch bracelet and accesspries
Hyprobulksms

Link Exchange Code

Statistik Blog

 

Copyright © 2009 by keramik, souvenir, keramik souvenir, souvenir keramik, perusahaan keramik souvenir