Kiat-Kiat Sukses Bisnis Usaha Kecil

Keberhasilan suatu usaha kecil dapat diraih dengan adanya perencanaan usaha yang matang. Dasar daripada perencanaan usaha adalah analisa terhadap berbagai faktor yang dapat berpengaruh pada kelangsungan kegiatan usaha. Di dalam manajemen perusahaan dikenal dengan istilah analisa SWOT (Strength, Weakness,Opportunity, Threats). Analisa inilah yang dipergunakan dalam perencanan dan evaluasi suatu usaha. Analisa SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman yang ada dalam sebuah usaha.

Variabel-variabel yang dianalisa dalam SWOT adalah faktor internal dan faktor eksternal, dengan maksud untuk menentukan tujuan usaha. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menguntungkan/kurang menguntungkan untuk mencapai tujuan usaha. Suatu usaha akan memiliki landasan yang kuat/kokoh, jika direncanakan dengan matang melalui beberapa analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah usaha, hingga dapat mencapai kesuksesan. Dalam melakukan analisa SWOT terlebih dahulu harus dimulai dengan mendefinisikan apa yang dikehendaki atau tujuan akhir suatu usaha.

Dengan berdasarkan pada kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman/kekuatan pesaing analisa SWOT dapat dipergunakan sebagai bahan untuk melakukan perencanaan strategis suatu usaha. Dengan mempertimbangkan beberapa hal berdasarkan analisa SWOT dapat ditentukan dan diprediksikan perkembangan usaha bisnis. Jika tujuan tidak tercapai harus ditentukan tujuan lain yang lebih rasional atau proses diulang kembali. Dua hal yang dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan usaha adalah faktor internal dan faktor eksternal. Analisa SWOT dipergunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut dalam hubungannya dengan pencapaian tujuan sebuah usaha.

Faktor internal meliputi kekuatan dan kelemahan internal suatu organisasi usaha/bisnis dan faktor eksternal meliputi ancaman dan peluang yang ada dalam lingkungan luar organisasi usaha. Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan yang kita miliki melalui analisa SWOT, kita akan segera dapat melakukan antisipasi agar kelemahan tersebut tidak menimbulkan kegagalan dalam usaha. Dan selanjutnya kita sesegera mungkin mengambil tindakan/langkah-langkah untuk menanggulangi kelemahan tersebut.

Contoh sederhana, jika kelemahan kita adalah pada faktor produksi yang lamban karena mesin produksi yang sudah ketinggalan jaman, tentu harus diatasi dengan mengganti mesin produksi yang lebih baru. Atau melakukan modifikasi alat yang lebih efisien dan efektif.

Potensi sumber-sumber yang perlu ditonjolkan dan dijadikan modal mencapai keberhasilan. Faktor ini adalah merupakan kekuatan dalam usaha kita. Misalnya kita memiliki produk yang memiliki kualitas di atas rata-rata produk sejenis, ini bisa dipergunakan sebagai bahan dalam penetrasi pasar melalui pendekatan promosi/propaganda produk yang bersangkutan.

Peluang yang ada, sama halnya dengan kekuatan yang kita miliki, merupakan hal potensial dari sisi luar perusahaan yang perlu ditangkap dan dijadikan landasan untuk menjalankan roda bisnis. Misalkan ada peluang pasar permintaan terhadap suatu produk tertentu yang sangat besar. Ini adalah peluang yang perlu segera ditangkap dan ditindaklanjuti untuk dijadikan ladang bisnis kita.

Banyaknya peluang suatu usaha sudah pasti akan diikuti dengan banyaknya pesaing yang bergerak dalam bisnis yang sama. Hal ini memunculkan ancaman bagi usaha kita. Ancaman pesaing semacam ini perlu diantisipasi dengan beberapa langkah. Misalnya dengan meningkatkan mutu produk, memperbaiki metode harga, memperbaiki distribusi produk dan promosi/propaganda yang lebih gencar dan lebih baik lagi. Sedapat mungkin kita meminimalkan kelemahan dan ancaman tetapi memperkokoh kekuatan dan potensi. Hal inilah yang akan membawa usaha kita pada keberhasilan.

Oleh : Herman Sahari

Comments :

8 komentar to “ ”

desti mengatakan...
on 

wah..aku jg sering bikin analisis swot..

herman mengatakan...
on 

@Desti : Oya...untuk usaha di bidang apa Desty. Bisa di post di komentar analisis SWOTnya, biar teman2 mengetahui semuanya..terimakasih..salam sukses selalu..

harto mengatakan...
on 

SWOT yaa... ini penting nih bagi setiap perusahaan. trims infonya sukses selalu n tetap semangat.....happy selling......

caang mengatakan...
on 

Teknik promosi apa yang menurut Bapak paling baik, untuk produk usaha yang dijalankan melalui Blog?

herman mengatakan...
on 

@Mas Caang: dasar2 pemasaran sebetulnya sama saja antara pemasaran online dan pemasaran offline. Dlm manajemen pemasaran dikenal dg istilah marketing mix yaitu produk, harga, saluran distribusi dan promosi. Utk produk : bgmn kita membuat produk berhub dg segmen pasar yg dibidik. Harga ditentukan dg metode spt apa. Bagaimana mendistribusikan produk yg baik dan efisien berdasar pd metode distrib. yg dipakai. Dan yg terakhir adalah promosi yg terdiri dr : Iklan, personal selling, special sales promotion, promosi penjualan, promosi kelembagaan, eksibisi dll.

Internet adl media/alat atau salah satu cara mempropagandakan produk. Jadi internet adl alat utk mengiklankan produk yg pd dsrnya sama dg media lainnya spt televisi, radio, surat kabar dll. Hanya internet lebih memiliki kelebihan, spt kita dpt menjelaskan produk/perush lebih rinci, bahkan konsumen dpt bertanya scr luas mengenai produk, dr segi biaya jg sgt murah, dan dpt scr langsung terjadi transaksi pembelian. Dan bila yg dipasarkan adalah produk non fisik, kita dpt menerapkan dg sgt mudah prinsip marketing mix.
Kelemahannya adl : sulit/butuh wkt lama utk membangun kepercayaan konsumen, rentan thd penipuan, saat ini tdk semua orang memakai fasilitas internet dll.

Utk promosi melalui blog/situs ada banyak cara, dan lebih baik semuanya dijalankan spt : mengiklankan produk kita melalui situs penyedia iklan scr kontinyu, memperbaiki teknik SEO spt : memasukkan kata kunci yg tepat yg mewakili isi/konten blog/situs, mendaftarkan blog/situs pd mesin pencari scr rutin setiap 1 bln sekali, mengupdate blog scr rutin (paling tdk 3 kali/minggu), saling tukar-menukar link dg para pemilik blog lain. Ini semua adl utk memudahkan blog/situs cepat terindeks oleh mesih pencari, sehingga memudahkan konsumen mencari produk kita.
Dan utk membuat konsumen selalu ingat thd produk/perush kita hal yg harus dilakukan adl : aktif dlm forum blog sejenis, memanfaatkan situs jejaring sosial utk memperkenalkan produk kita, mereview produk kita scr rutin pd blog kita.

Bila hal tsb diatas kita lakukan scr terus-menerus, maka blog kita akan semakin dikenal dan kokoh dlm dunia maya, dan tentunya akan terjadi transaksi pembelian thd produk.

Jd kesimpulannya adl, tdk ada teknik promosi yg paling baik. Hanya bila kita menggabungkan seluruh teknik spt yg disebutkan diatas, maka itulah yg terbaik utk mengukuhkan usaha kita. Terimakasih, salam sukses..

Caang mengatakan...
on 

terima kasih saya ucapkan kepada Bapak atas jawaban yang telah diberikan. kalo boleh saya save, dan kalo boleh (baca: mau) juga, kita tukeran link ya Pak (seperti salah satu poin dari penjelasan Bapak)

the diajeng sweet mengatakan...
on 

tenang aja kawan2 rjeki udah ada yang ngatur.....tapi ikhtiar nomer satu ya oooom...?

herman mengatakan...
on 

@Mas Caang: silahkan di save kawan. Link kawan sdh kupasang.
@Puspa: benar sekali Puspa, rejeki sdh ada yg mengatur..dan sedikit banyak harus melakukan ikhtiar utk memperolehnya..

Posting Komentar

Advertisement

shining watch bracelet and accesspries
Hyprobulksms

Link Exchange Code

Statistik Blog

 

Copyright © 2009 by keramik, souvenir, keramik souvenir, souvenir keramik, perusahaan keramik souvenir